Cara Menghitung Kecepatan, Jarak dan Waktu Tempuh

           Kita sering mendengar istilah KECEPATAN dari sejak kita kecil. Kecepatan memiliki makna yang luas, yang menunjukkan perubahan dari satu saat ke saat yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kecepatan erat kaitannya dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut, seperti jalannya mobil, kereta api, roket, peluru dan lain sebagainya. Maksudnya, jika sebuah mobil memiliki kecepatan 100 km/jam artinya mobil tersebut dapat menempuh jarak 100 kilometer dalam waktu satu jam. Peluru yang ditembak dari sebuah pistol memiliki kecepatan 1500m/detik. Artinya, dengan kecepatan saat peluru ditembakkan maka si peluru hanya membutuhkan waktu 1 detik untuk menempuh jarak 1500 meter. 
Lantas, bagaimanakah caranya mendapatkan nilai kecepatan tersebut ? Untuk mendapatkan kecepatan sesuatu anda dapat menggunakan rumus berikut : Gambar: contoh
Bagaimana menerapkan rumus tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Akan dijelaskan dalam beberapa contoh berikut ini.

 Contoh menghitung Kecepatan Mobil :

Dani mengendarai mobil dari rumah ke kantor yang berjarak 25 kilometer selama 2 jam perjalanan. Berapakah kecepatan rata-rata mobil tersebut ? 
  Jawab.
Diketahui :
Jarak : S = 25 km
Waktu tempuh : t = 2 jam
Kecepatan rata-rata :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
Jadi kecepatan rata-rata mobil adalah 12,5 kilometer per jam.

 Contoh Menghitung Waktu Tempuh :
Sebuah pesawat komersil terbang dengan kecepatan 500 km/jam. Berapakah waktu yang dibutuhkan pesawat tersebut untuk terbang dari Jakarta ke Makassar bila jarak kedua kota tersebut adalah 1400 km. 
  Jawab.
Diketahui :
Jarak : S = 1400 km
Kecepatan: v = 500 km/jam
Waktu Tempuh :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
 Contoh Menghitung Waktu Tempuh :
Sebuah pesawat tempur terbang dengan kecepatan 1600 km/jam. Berapakah waktu yang dibutuhkan pesawat tempur tersebut untuk terbang dari Jakarta ke Makassar bila jarak kedua kota tersebut adalah 1400 km. 
  Jawab.
Diketahui :
Jarak : S = 1400 km
Kecepatan: v = 1600 km/jam
Waktu Tempuh :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan

Contoh Menghitung Jarak Tempuh

Jaka berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata 1,5 meter per detik. Berapakah jarak yang ditempuh oleh Jaka setelah 2 jam berjalan. 
  Jawab.
Diketahui :
Kecepatan: v = 1,5 meter/detik
waktu tempuh : t = 2 jam = 2 x 60 x 60 = 7200 detik.
Jarak Tempuh :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan

Contoh Menghitung Waktu dan jarak yangdibutuhkan untuk Menyusul

Lanjutan dari contoh sebelumnya. Satu jam setelah Jaka berjalan, Putri mengejar Jaka menggunakan sepeda dari titik awal keberangkatan yang sama dengan jaka. Jika putri menyusul Jaka dengan kecepatan rata- rata sepeda putri 3,5 meter per detik kapan dan dimanakah mereka bertemu (setelah jarak berapa meter dari titik awal)? 
  Jawab.
Diketahui :
Kecepatan jaka: vjaka = 1,5 meter/detik
Kecepatan Putri : vputri = 3,5 meter/detik
t1jam = 1 jam = 3600 detik.
Jarak yang ditempuh jaka setelah satu jam berjalan :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
Untuk menyusul, maka jarak yang ditempuh Putri harus sama dengan jarak yang ditempuh jaka.
Harus diingat, bahwa jaka telah menempuh jarak 1 jam lebih dulu, jadi jarak yang ditempuh jaka harus ditambahkan dahulu dengan 5400 meter, sehingga persamaan untuk putri menyusul jaka menjadi :
Jarak putri = jarak jaka
Kecepatanputri x waktu = (KecepatanJaka x waktu) + 5400 
Kenapa variabel waktu tidak dibedakan? Karena waktu putri dan jaka setelah satu jam adalah sama. Jadi secara matematis dapat ditulis:
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
Jadi putri waktu yang dibutuhkan putri untuk menyusul jaka adalah waktu 2700 detik atau 45 menit setelah putri berangkat, atau 1 jam 45 menit setelah Jaka berangkat.
Posisi bertemu (Putri menyusul Jaka) berada pada :
S = Vputri x tputri = 3,5 x 2700 = 9450 meter dari titik awal 

Contoh Menghitung kecepatan yang dibutuhkan untuk Menyusul

Melanjutkan dari contoh sebelumnya. Jika Ujang yang menggunakan motor berangkat bersamaan dengan putri (1 jam setelah Jaka berangkat) ingin lebih dahulu menyusul Jaka pada jarak 8100 meter dari titik awal, maka berapakah kecepatan rata-rata motor yang dikendarai Ujang ?
Jawab.
Diketahui :
Kecepatan jaka: vjaka = 1,5 meter/detik
Jarak: S=8100 meter
Waktu yang dibutuhkan Jaka untuk mencapai 8100 meter :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
Jika jaka telah berangkat selama 1 jam, berarti waktu yang dimiliki oleh Ujang hanya 0,5 jam = 30 menit = 1800 detik. Maka kecepatan rata-rata motor ujang harus :
 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan
Dengan demikian kecepatan rata-rata motor ujang harus 4,5 meter per detik agar dapat menyusul Jaka pada jarak 8100 meter dari titik awal keberangkatan. 
Share on Google Plus

About Kamikaki.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment